STABILITAS FISIK SEDIAAN SALEP PATI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus (L.) Urb.) DAN AKTIVITASNYA SEBAGAI TABIR SURYA PADA MENCIT

Standar

Oleh :

Nurul Hilalussodik Al Fauzani

(07/255038/FA/07902)

 

 

INTISARI

Pati bengkuang (Pachyrhizus erosus (L.) Urb.) dengan ukuran yang mikropartikel dan sifatnya yang opaque dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya fisik. Pati bengkuang dibuat dalam sediaan salep karena digunakan secara topikal dan mudah dioleskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenaikan konsentrasi pati bengkuang terhadap stabilitas fisik salep pati bengkuang dan aktivitasnya sebagai tabir surya yang dilihat dari nilai Sun Protecting Factor (SPF).

Pati bengkuang diperoleh dengan metode pengendapan, selanjutnya dievaluasi karakteristik dan diukur diameter partikel. Kemudian, salep dibuat dalam 3 formula dengan konsentrasi pati bengkuang 15%, 20%, dan 25%, selanjutnya diamati stabilitas fisik selama 4 minggu penyimpanan meliputi warna, bau, homogenitas, viskositas, daya sebar, dan daya lekat. Aktivitas tabir surya ditentukan secara in vivo menggunakan mencit betina galur Swiss Webster yang diinduksi dengan 8-MOP selanjutnya dilihat nilai SPF. Data viskositas, daya sebar, dan daya lekat dianalisis dengan statistik pada taraf kepercayaan 95%. Data warna, bau, homogenitas, dan nilai SPF dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan konsentrasi pati bengkuang menaikkan viskositas dan daya sebar, serta menurunkan daya lekat salep. Warna, bau, dan homogenitas salep tidak berubah selama penyimpanan. Ketiga formula salep memiliki aktivitas tabir surya terhadap mencit betina galur Swiss Webster dengan nilai SPF berturut-turut sebesar 1,22; 1,52; dan 2,38.

Kata kunci : salep, pati, stabilitas, tabir surya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s