Catur: Catatan Fantastic 4

Standar

Catatan: Tulisan ini dibuat sebagai bentuk rasa syukur kami (Medicament) setelah menjadi juara umum Pharmaciade 2011 dan akan dimuat dalam buku angkatan Medicament

Ada tebak-tebakan yang cukup lucu –atau mungkin kriuk– yaitu “olahraga apa yang paling berat?”. Sebagian dari kita mungkin akan menjawab sumo, berkuda, angkat besi, dan olahraga lainnya yang menuntut stamina yang besar. Tapi ternyata jawaban yang tepat yaitu catur. Kenapa catur, karena pecatur mampu mengangkat kuda, menggeser benteng, menggerakkan gajah, bahkan menjungkalkan menteri dan raja.

Sebuah anekdot yang mungkin pernah didengar oleh kita selaku rakyat Medicament. Akan tetapi, kali ini ada informasi yang tentunya tidak berupa anekdot, tetapi fakta. Dalam Pharmaciade 2011 kemarin, Kerajaan Medicament berhasil mendapatkan gelar juara umum dengan meraih 4 emas dan 4 perak. Nah, salah satu cabang olahraga yang mampu menyumbang emas, yaitu catur.

Bagaimana kisah perjuangan pasukan catur Kerajaan Medicament di ajang Pharmaciade 2011? Inilah liputannya.

Tingginya minat mahasiswa Farmasi UGM terhadap catur dan kesuksesan tim catur beregu Farmasi UGM mempersembahkan medali perak ketika Pormagama 2010, menyebabkan catur kembali dipertandingkan dalam Pharmaciade setelah absen cukup lama. Pada Pharmaciade kali ini, cabang catur diikuti oleh 4 tim, yaitu angkatan 2007, 2008, 2009, dan 2010. Sistem yang digunakan yaitu setengah kompetisi, sehingga masing-masing tim bertemu 1 kali atau dengan kata lain 1 tim akan bertanding 3 kali. Dalam setiap pertandingan, 1 tim terdiri dari 3 pemain dan tiap partai berlangsung dengan sistem catur cepat selama 2 x 20 menit.

Kerajaan Medicament yang tidak ingin hanya sekedar berpartisipasi dan meramaikan tanpa membawa pulang apa-apa, langsung membentuk pasukan untuk mendapatkan gelar yang diidamkan oleh seluruh peserta. Pasukan tersebut diberi nama Fantastic 4 yang terdiri dari prajurit Satria Andika (7743), prajurit Noormatika Rachmawati (7853), prajurit Nurul Hilalussodik Al Fauzani (7902), dan prajurit Syahri Apriyanto (7940). Keempat prajurit tersebut dipilih tidak dengan asal-asalan, tetapi dilihat dari rekam jejak dan pengalaman mereka ketika berlaga mewakili Farmasi UGM di berbagai kejuaraan ataupun dalam turnamen internal Farmasi UGM.

Perjuangan Fantastic 4 dimulai pada tanggal 28 Maret 2011 dengan menghadapi angkatan 2010. Prajurit yang diturunkan pada pertandingan pertama ini yaitu Noor, Hilal, dan Satria. Setelah bertarung dengan cukup ketat karena sempat tertinggal lebih dahulu, akhirnya Fantastic 4 berhasil membalikkan keadaan dan mampu memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Poin kemenangan disumbangkan oleh Hilal dan Satria yang berhasil mengalahkan lawannya. Sementara itu, Noor secara mengejutkan mengalami kekalahan.

Pertandingan berikutnya melawan angkatan 2009 dilangsungkan pada tanggal 30 Maret 2011. Komposisi prajurit yang dimainkan masih sama dengan pertandingan sebelumnya, yaitu Noor, Satria, dan Hilal. Sampai pertengahan pertandingan, sepertinya Fantastic 4 tidak menemui kesulitan, karena unggul 2-0 terlebih dahulu melalui Noor dan Hilal. Akan tetapi, di akhir pertandingan, angkatan 2009 mampu memperkecil ketinggalan setelah Satria kalah. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Fantastic 4.

Tanggal 2 April 2011 menjadi saat bersejarah bagi Fantastic 4 yang sukses mempersembahkan medali emas dengan mengalahkan angkatan 2008. Berbeda dengan 2 pertandingan sebelumnya, pada pertandingan terakhir ini Hilal tidak bermain dan posisinya digantikan oleh Syahri. Tanpa banyak hambatan, prajurit Noor, Satria, dan Syahri berhasil menghancurkan angkatan 2008 dengan skor telak 3-0 dan menutup perjuangan Fantastic 4 dengan hasil 3 kali memperoleh kemenangan alias tak terkalahkan selama 3 pertandingan. Medali emas-pun masuk ke kas Kerajaan Medicament dan menambah pundi-pundi medali di klasemen sementara Pharmaciade 2011.

Itulah sedikit catatan dari kisah manis pasukan catur Kerajaan Medicament, Fantastic 4. Satu hal yang pasti, jika kita berdiri sendiri, mungkin hasilnya tidak sebaik ini, tapi karena kita bersatu, kita mampu memberikan sesuatu kepada seluruh rakyat Medicament.

Gens una sumus

Yogyakarta, 15 November 2011

Terima kasih kepada:

Raja Medicament, Fajar Rakhmatulloh (7830) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mewakili Kerajaan Medicament dan dukungan dari kas kerajaan untuk keperluan logistik…

Rekan-rekan prajurit Fantastic 4, Satria, Noor, dan Syahri maaf jika selama saya menjadi “komandan” sekaligus prajurit, ada hal-hal yang kurang berkenan. Semoga di 2012 nanti, kita masih bisa berjuang bersama sekaligus mempertahankan prestasi ini…

Seluruh rakyat Medicament atas doa dan dukungannya kepada kami. Kami bukan siapa-siapa tanpa kalian…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s