Memecahkan Masalah Ramadhanmu

Standar

Catatan: Tulisan ini dimuat dalam buletin Theuraphy (Terapi Pribadi Muslim Farmasi) edisi 2-September 2008 yang diterbitkan oleh Bidang Media Opini KMMF UGM 2008.

Judul Buku : Ramadhan Returns

Pengarang : Shofwan Al-Banna

Penerbit : Book Magz (Kelompok Penerbit Pro-U Media)

Tahun Terbit : 2006

“Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa…” (Bimbo)

Masih merasa kesel, sebel, dan bete kalo bulan Ramadhan tiba??? Wah, tidak ada salahnya kamu membaca buku ini. Yup, Ramadhan Returns, buku yang ditulis oleh Shofwan Al-Banna (Mahasiswa Berprestasi Utama Nasional 2006) ini akan mengubah pandangan kamu tentang bulan Ramadhan. Buku ini membahas Ramadhan dengan sudut pandang yang berbeda : hasil kolaborasi antara teknik-teknik baru yang mengejutkan, menyenangkan, sekaligus menegangkan dan desain yang full power.

Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama menceritakan tentang Ramadhan yang merupakan salah satu bukti bahwa Allah sangat cinta kepada kita. Karena ketika Ramadhan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu, pahala dilipatgandakan, dan dosa-dosa diampuni.

Selanjutnya, pada bab kedua dibahas mengenai persiapan apa saja yang diperlukan menjelang Ramadhan tiba. Yaitu persiapan mental-spiritual, seperti memperbanyak berdoa dan menguatkan niat. Sementara itu, persiapan teknis meliputi bagaimana merencanakan Ramadhan agar menyenangkan-tepat sasaran-sesuai tuntunan-dapat ampunan.

Bab ketiga berisi penjelasan tentang berbagai macam aktivitas yang perlu dilakukan agar Ramadhanmu menjadi optimal (cek sarana dan prasarana, memperbanyak puasa sunnah, dan jaga kesehatan). Setelah itu, dijelaskan ibadah-ibadah yang wajib dilakukan, seperti sholat lima waktu, puasa, dan zakat fitrah, ibadah sunnah (tarawih, baca Qur’an, I’tikaf, dan lain-lain), hingga aktivitas-aktivitas alternatif, yaitu olahraga, jalan-jalan, membaca, dan lain sebagainya.

Bab keempat membicarakan masalah fiqih puasa, mulai dari hal-hal yang membatalkan puasa, yang tidak membatalkan, uzur puasa, sahur, berbuka puasa, hingga masalah bagaimana caranya menghabiskan waktu atau menunggu buka puasa tiba.

Buku ini ditutup dengan perasaan sedihnya ketika berpisah dengan Ramadhan, gembiranya berhari raya, hingga tips-tips bagaimana caranya me-Ramadhankan Hidupmu. Yaitu, mengukur seberapa jauh lompatan Ramadhanmu, merayakan dan mensyukuri sukses Ramadhanmu, bersiap untuk pertandingan selanjutnya yang diawali pada bulan Syawwal, dan pada akhirnya menyulut spirit taqwa.

Seluruh bahasan tersebut dikemas dalam bahasa yang simpel, mudah dipahami, menarik, santai bahkan cenderung gaul, sehingga membuat kamu yang membacanya tidak merasa bosan apalagi tergurui. Sesuai dengan slogan Book Magz, yaitu buku rasa majalah, di setiap halaman buku penuh dengan gambar dan ilustrasi yang dapat menambah kenikmatan tersendiri saat membacanya. Di akhir bab, terdapat mind map yang berisi garis besar apa saja isi di bab tersebut, semakin mempermudah kamu memahami isinya.

Sayangnya, buku ini masih belum membahas secara detil dan lengkap mengenai masalah fiqih puasa, seperti hal-hal yang membatalkan puasa, orang-orang yang boleh tidak berpauasa, dan lain-lain. Bagian tersebut hanya dijelaskan secara singkat walaupun sudah disertakan dalil-dalilnya.

Namun. secara keseluruhan buku ini sangat cocok dibaca oleh semua orang (terutama anak muda), khususnya bagi kamu yang masih bermasalah ketika Ramadhan tiba.

Ramadhanmu nge-bete-in??? Gak lagi lah yau…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s