Serba-serbi Keuangan Fakultas Farmasi UGM (edisi 1)

Standar

Sejak menjadi mahasiswa UGM, aku selalu penasaran dengan keuangan UGM, terlebih lagi fakultasku sendiri Fakultas Farmasi UGM. Berapakah pemasukan yang berasal dari uang mahasiswa (SPMA, SPP, dan BOP) dan digunakan untuk apa saja uang tersebut. Akan tetapi, fakultasku nampaknya malu-malu untuk mengumumkannya kepada publik, minimal kepada mahasiswanya sendiri. Ketika mahasiswa menuntut adanya transparansi dan akuntabilitas dari laporan keuangan fakultas, petinggi fakultas berlindung di balik analogi “transparan tidak berarti telanjang”. Padahal dalam Rencana Strategis UGM 2008-2012 untuk mencapai good governance dalam sistem manajemen, salah satu strategi yang dilakukan yaitu transparansi dan akuntabilitas yang ditunjukkan melalui publikasi laporan tahunan. Selain itu, menurut UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, seluruh WNI mempunyai hak untuk mengakses laporan tersebut.

Melihat kenyataan itulah, akhirnya aku mencoba untuk menghitung dan menganalisis secara kasar pemasukan fakultasku yang berasal dari SPMA, SPP, dan BOP. Aku menyebutnya secara kasar, karena untuk hal-hal yang menyangkut angka, aku menggunakan permisalan, yaitu:

  • Besarnya SPMA untuk masing-masing mahasiswa baru dipukul rata yaitu Rp10.000.000,00 (nilai SPMA terkecil), walaupun pada kenyataannya besarnya SPMA yang dibayarkan bervariasi mulai dari Rp 10.000.000,00 hingga Rp 50.000.000,00 tergantung dari jumlah gaji orang tua.
  • SKS yang diambil dalam tiap semester berjumlah 20 SKS.

Besaran persentase pengelolaan SPMA, SPP, dan BOP bersumber pada:

  • Keputusan Rektor UGM No. 12/P/SK/HT/2009 tentang Ketentuan Pengelolaan Biaya Pendidikan untuk Program S1 Reguler, S1 Swadaya, Profesi, Kelas Internasional, dan Mahasiswa Asing Universitas Gadjah Mada
  • Keputusan Rektor UGM No. 55/P/SK/HT/2009 tentang Alokasi Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) untuk Beasiswa SPMA Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada

Data-data mengenai jumlah mahasiswa S1 berasal dari Sistem Informasi Direktorat Administrasi Akademik UGM yang bisa diakses di http://daa.ugm.ac.id.

Gambar 1. Hasil perhitungan

Hasil perhitunganku dapat dilihat pada gambar 1. Aku yakin bahwa pemasukan yang sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan hasil ini, beberapa alasannya antara lain:

  • Setiap tahun ajaran baru, lebih dari 10% mahasiswa baru Fakultas Farmasi UGM masuk melalui jalur PBS, yang berarti tiap mahasiswa membayar SPMA sebesar Rp40.000.000,00.
  • Setiap tahun ajaran baru, minimal 5 mahasiswa baru Fakultas Farmasi UGM yang masuk melalui program kerjasama pengembangan SDM instansi dan daerah, yang berarti tiap mahasiswa membayar SPMA sebesar Rp50.000.000,00.
  • Setiap semester, lebih dari 75% mahasiswa Fakultas Farmasi UGM mengambil SKS berkisar antara 22-24 SKS, yang berarti menambah pemasukan sebesar Rp150.000,00 – Rp300.000,00 tiap mahasiswa.

(bersambung)

Yogyakarta, 23 Februari 2012

15 responses »

  1. Ping-balik: Serba-serbi Keuangan Fakultas Farmasi UGM (edisi 2-tamat) « —nurulhilalussodikalfauzani—

  2. Ping-balik: (Sebagian) Isi Dapur Farmasi UGM Tahun 2011 « —nurulhilalussodikalfauzani—

  3. salam kenalan dari fakulti farmasi Universiti Kebangsaan Malaysia🙂 boleh minta foto-foto fakultas farmasi UGM? mahu lihat infrastrukturnya especially lab yang desediakan untuk pelajar

    • Untuk yang masuk melalui SNMTN, maka tidak dipungut biaya pendaftaran. Namun jika melalui UTUL akan ada biaya pendaftaran.
      Nah, untuk biaya kuliahnya, tergantung dari penghasilan orang tua, yang berpengaruh pada besarnya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang harus dibayar persemester.
      Di Farmasi UGM besarnya UKT mulai dari 0 rupiah (Beasiswa Bidik Misi), 500rb, 1jt, 5jt, 7,5jt, 10 jt, dan 12,5jt.
      Total selama 4 tahun, tinggal kalikan UKT dengan 8.
      Oh ya, angka-angka tersebut merupakan UKT tahun 2014, sedangkan untuk tahun 2015 ada kemungkinan berubah.
      Untuk info lengkapnya, bisa dilihat di um.ugm.ac.id

  4. Salam perkenalan dari malaysia. Saya lulusan Diploma Farmasi. Kalau ada rezeki, saya mahu lanjutkan pelajaran di UGM dalam bidang Farmasi.. Boleh dijelaskan mengenai syarat2 asas untuk memohon Kursus Farmasi peringkat sarjanamuda? Terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s