UGM dan Da Vinci Code

Standar

Penggemar novel “The Da Vinci Code” tentu sudah tidak asing dengan benda bernama “cryptex” (Gambar 1), yaitu benda padat yang terbuat dari metal berbentuk silinder yang mempunyai rongga dan digunakan untuk menyembunyikan pesan rahasia Holy Grail. Nama “cryptex” berasal dari gabungan 2 kata “cryptology” yang berarti ilmu tentang kode atau sandi rahasia dan “codex” yang berarti naskah kuno. Pada peti pembungkus cryptex terdapat ornamen atau ukiran bergambar 5 kelopak bunga mawar (Gambar 2).

Gambar 1. Cryptex

Gambar 2. Peti pembungkus cryptex (perhatikan bentuk ornamennya)

Seandainya diperhatikan dengan seksama, ternyata ornamen atau ukirannya mirip dengan lambang universitas tempat aku menuntut ilmu, Universitas Gadjah Mada (UGM) (Gambar 3). Sebenarnya aku menyadari hal ini sudah lama, ketika aku menonton film “The Da Vinci Code” untuk pertama kalinya. Namun, selang berapa lama aku melupakannya dan baru teringat lagi belum lama ini, saat film ini ditayangkan (untuk kesekian kalinya) di salah satu di stasiun televisi swasta.

Gambar 3. Lambang UGM

Terdorong rasa keingintahuan yang tinggi, aku mencoba mencari tahu arti ornamen itu di internet. Ternyata, aku belum mendapatkan apa yang aku inginkan di sana. Ya sudahlah. Untuk mengobati kekecewaan yang melanda, aku berganti arah dan ingin mencari arti dari lambang UGM. Mungkin, arti lambang UGM mirip dengan arti ornamen tersebut. Penjelasan mengenai lambang UGM, aku dapatkan dari situs resminya UGM, jadi dapat dipastikan bahwa informasi ini valid dan akurat.

Bentuk lambang UGM dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Pusat lambang, berupa surya atau matahari yang berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk 5 kesatuan kumpulan sinar. Setiap kesatuan kumpulan sinar terdiri dari 19 sorot sinar. Surya dan sinar berwarna kuning emas.
  • Dua lingkaran di tengah-tengah matahari. Lingkaran bagian dalam memuat huruf-huruf menyembul berbunyi GADJAH MADA. Lingkaran bagian luar memuat tulisan UNIVERSITAS pada bagian atasnya dan tulisan JOGJAKARTA pada bagian bawahnya. Kedua bentuk lingkaran ini bersusun, sehingga mirip surya kembar. Sedangkan 5 kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk kartika atau bintang segi lima.
  • Pusat lambang dilindungi oleh 5 songkok bewarna putih, yaitu topi kebesaran panglima. Di antara songkok-songkok tersebut terdapat lima tombak bewarna kuning.

Arti dari lambang UGM diuraikan dalam enam bagian, yaitu:

  • Surya dengan sinarnya dan kartika bersegi lima berwarna kuning emas melambangkan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah Universitas Pancasila, Lembaga Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi Pendidikan Tinggi berdasarkan Pancasila, yang memancarkan ilmu pengetahuan. kenyataan dan kebajikan.
  • Titik pusat lambang berupa matahari berlubang atau “surya binolong”. Kata surya mengandung makna angka 1 dan binolong mengandung makna angka 9, sehingga bentuk “surya binolong” atau matahari berlubang mengandung makna angka 1 dan 9, yang bisa dibaca 19. Setiap kesatuan kumpulan sinar pun terdiri atas 19 sorot sinar, yang juga mengandung makna angka 19, tanggal pendirian UGM.
  • Dua bentuk lingkaran bersusun yang melingkari lubang titik pusat lambang di dalam lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk bintang segi lima, yang serupa dengan surya kembar di dalam kartika atau bintang. Kartika mengandung makna angka 1 dan surya kembar mengandung makna angka 2, sehingga bentuk surya kembar ini mengandung makna angka 1 dan 2, yang bisa dibaca 12. Angka 12 ini adalah mengandung makna bulan Desember, bulan pendirian UGM.
  • Songkok dan tombak masing-masing berjumlah lima melingkungi surya dan kartika, melambangkan sifat pahlawan dan perjuangan nasional UGM yang selalu siap sedia dan waspada. Keseluruhannya diliputi dan diresapi Pancasila, kesemuanya itu melambangkan sifat UGM sebagai monumen perjuangan Pancasila berdasarkan Pancasila.
  • Kesatuan kumpulan sinar, segi lima kartika, songkok, dan tombak, masing-masing berjumlah 5. Semuanya melambangkan Pancasila, sehingga UGM memiliki dasar, sifat, dan tujuan, hakekat pahlawan serta perjuangan nasional demi Pancasila.
  • Warna putih melambangkan sifat Kesucian. Warna kuning emas melingkari warna putih pada hakekatnya merupakan satu “sengkalan memet”, yaitu rumusan kata-kata yang menyiratkan pertalian makna warna putih dan warna kuning emas, yang berbunyi “murnining suci marganing kanyatan” atau kemurnian kesucian adalah jalan kenyataan. Kata “murni” mengandung angka 9; “suci”dilambangkan angka 4; “marga” dilambangkan angka 9, sedangkan “kanyatan” dilambangkan angka 1. Semua ini bila dibaca dari belakang, mempunyai nilai 1949, yaitu tahun pendirian UGM.

Informasi yang terakhir ini, aku yakin mengakibatkan banyak orang menggelengkan kepala. Terkadang tanpa disadari, kita salah mencantumkan lambang UGM dalam berbagai tulisan, entah itu skripsi, tesis, disertasi, proposal, kop surat, maupun laporan yang lainnya. Saat mengecek skripsiku sendiri, aku juga melakukan kesalahan tersebut. Semoga skripsiku tidak digugat, hanya gara-gara salah memasang lambang UGM.

Lalu, lambang UGM dalam bentuk 2 dimensi yang baku dan betul itu seperti apa? Lambang di sebelah atas (Gambar 4), adalah lambang UGM yang baku dan betul, sedangkan yang berada di sebelah bawah (Gambar 5) adalah yang tidak baku dan tentu saja salah.

Gambar 4. Lambang UGM 2 dimensi yang baku dan betul

Gambar 5. Lambang UGM 2 dimensi yang tidak baku dan salah

Sekarang, coba cek seluruh dokumen yang ada di sekitar kita, apakah lambangnya sudah baku atau belum…

Yogyakarta, 29 Juli 2012

5 responses »

  1. Ping-balik: UGM dan Da Vinci Code 2 « —nurul.hilalussodik.al.fauzani—

  2. mungkin pencarian anda blm selesai mas,
    jika melihat logo sebuah lembaga, tentu kita melihat siapa tokoh-tokoh dibalik berdirinya lembaga tersebut.

    siapa yang ada di balik berdirinya ugm?
    nanti akan ketemu benang birunya, hehe

    nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s