Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) – pdf

Standar

Menjelang 10.000 kunjungan dan 1 tahun blogku, aku menemukan hal yang menarik, yaitu 60,83 % pengunjung masuk lewat mesin pencari. Dari 60,83% itu, sebagian besar kata kuncinya berhubungan dengan Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). Menariknya lagi, 17 kali pengunjung menambahkan kata pdf untuk menemani CDOB.

Beberapa bulan silam, aku mencoba mencari CDOB dengan menggunakan bantuan mesin pencari dan hasilnya aku tidak belum menemukannya. Ternyata, banyak orang yang mempunyai pengalaman seperti aku dan hal ini aku ketahui dari komentar yang masuk ke rangkuman isi CDOB. Oleh karena itu, untuk menjembatani siapa saja yang ingin belajar mengenai CDOB, aku mengunggah file pdf dan (tentunya) dapat diunduh. CDOB ini aku dapatkan dengan mem-fotocopy CDOB milik dosenku, lalu aku pindai halamannya satu persatu.

Informasi sekilas mengenai CDOB adalah sebagai berikut:

  • CDOB yang ditetapkan tahun 2003 merupakan pengembangan dari CDOB yang diberlakukan pada tahun 1989.
  • Acuan yang digunakan dalam penyusunan CDOB yaitu Good Distribution Practices (GDP) for Pharmaceutical Products yang dikeluarkan WHO pada tahun 2003, WHO Managing Drug Supply tahun 1997, dan Pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) yang dikeluarkan BPOM pada tahun 2001.
  • CDOB terdiri 5 bab, 2 addendum, dan 24 lampiran.
  • Lima bab tersebut yaitu Manajemen Mutu, Personalia, Bangunan dan Peralatan, Dokumentasi, dan Inspeksi Diri.
  • Yang termasuk addendum adalah Penanganan Vaksin dan Penanganan Obat Donasi.
  • CDOB ini merupakan edisi perdana dan akan dilakukan revisi secara berkala.

Supaya lebih mudah, aku membaginya menjadi 3 bagian: pedoman CDOB (11,31 MB), addendum (1,59 MB), dan lampiran (3,73 MB). Selamat mengunduh…

Purbalingga, 12 Desember 2012

3 responses »

  1. Ping-balik: Rangkuman Pedoman Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) « —nurul.hilalussodik.al.fauzani—

Tinggalkan Balasan

